Ridwan Kamil: Penanganan Citarum Makin Jelas dan Tegas

Penanganan sungai Citarum dengan program Citarum Harum tahun 2019 ini semakin dipertegas dengan berbagai langkah baru. Hal itu terungkap dalam rapat evaluasi setahun berjalannya program Citarum Harum di Graha Manggala Siliwangi Jl. Aceh Kota Bandung yang langsung dipimpin Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang juga Dan Satgas Citarum Harum, Selasa (15/1/2019).

“Karena koordinasi sudah dirancang akan sangat juara sehingga tidak ada lagi pekerjaan-pekerjaan yg tidak sinkron, karena ada puluhan elemen yg bekerja demi citarum dan satu sama lainnya seringkali masih belum terkoneksi. Ke depan hal serupa tidak akan terjadi lagi karena semua sudah satu program satu komando,” ujar Emil.

Emil juga menyebutkan, program Citarum Harum di 2019 akan resmi menempati kantor khusus, yaitu bangunan yang kini dipakai Dinas Lingkungan Hidup Jabar di Jl. Naripan Kota Bandung.

“Yang pertama hadiah yg terbesarnya adalah kita akan menghibahkan satu kantor di jalan Naripan sebagai pusat komando citarum harum. Nah disinilah semua keputusan itu akan dilakukan dan diambil di sana,” jelas Emil.

Hal lain yang ditetapkan adalah masalah anggaran. Menurut Kang Emil anggaran untuk Citarum Harum 2019 sekitar Rp 600 Milyar.

“Sedang kita tunggu dari pemerintah pusat, setengahnya adalah untuk TNI, karena TNI mengambil porsi pengembalian ekosistem yang paling berat, yang paling besar. Yang berikutnya adalah ada pendangkalan wilayah di daerah bojongsoang. Untuk memastikan sambil urusan yang kotor-kotor dibersihkan, penataan yg sudah siap bisa kita perlihatkan dari yg kotor menjadi yg baik, dari sungai yg jauh dari kegiatan manusia menjadi sungai yg penuh dengan kegiatan manusia,” jelasnya.

Sumber: jabarprov.go.id