Apa Penjelasan BMKG Soal Hujan Es di Bandung?

Kota Bandung diguyur hujan es disertai angin kencang pada Kamis (10/1/2019) siang. Penjelasan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandung, hujan yang terjadi di Bandung karena pembentukan awan cumulonimbus (Cb).

Menurut Kepala BMKG Bandung Toni Agus Wijaya, awan yang terbentuk di Kota Kembang itu berpotensi hujan sedang. Selain itu, terdapat faktor regional yakni‎, adanya pertemuan dan belokan angin melewati Jawa Barat bagian tengah.

“Faktor globalnya, karena terdapat anomali suhu permukaan laut di perairan Jawa Barat yang cenderung hangat, sehingga berpeluang terjadi pembentukan awan konvektif potensial hujan,” kata Toni saat dikonfirmasi melalui sambungan telefonnya.

Dari pengamatan BMKG, ‎suhu siang tadi di udara mencapai 29,0. Untuk kelembaban udara 57% pada awal pembentukan awan Cb pada siang hari dengan arah angin dari arah selatan berkecepatan maksimum 11 km/jam.

“Dari pantauan citra radar terdeteksi adanya pembentukan awan konvektif dengan kategori hujan sedang (yang jadi penyebab hujan es),” ujarnya.

Sumber: okezone